Friday 23 November 2012

Mengenal Debian GNU/Linux






     Distro GNU/Linux ini berdiri pada tanggal 16 agustus 1993 yang diciptakan oleh Ian Murdock. Nama Debian ini diambil dari penyatuan dua nama yakni Debra dan Ian Murdock. Debra adalah istri Ian Murdock – sang pembuat distro Debian GNU/linux.

     Distro ini sering disebut-sebut sebagai pure GNU/Linux karena satu-satunya distro yang sampai saat ini masih menuruti asas free software. Debian sendiri memiliki sistem pemaketan sendiri (*.deb). Paket-paket yang akan dipaketkan ke dalam distro debian haruslah menuruti Debian Free Software Guidelines.

     Selain itu, paket-paket tersebut harus melalui 3 fase penyeleksian paket yakni stabel, testing, dan unstable. Untuk melewati ke tiga fase tersebut, sampai mendapatkan predikat software stable biasanya memakan waktu yang cukup lama. Patut untuk diketahui bahwa saat ini versi debian baru mencapai versi 6.0 padahal distro ini telah berdiri sebelum distro RedHat ataupun SuSE. Interval waktu dari satu rilis ke rilis berikutnya biasanya memerlukan waktu sekitar empat tahunan.

     Isu yang banyak didengungkan orang terhadap distro ini adalah masalah kestabilan, sehingga tidak mengherankan jika distro ini banyak digunakan sebagai dasar pembuatan distro lain. 
     Berikut ini beberapa distro turunan Debian GNU/Linux yang dapat anda lihat di situs resmi Debian (http://www.debian.org/misc/children-distros): 
  • 64 Studio
64 Studio adalah distribusi GNU / Linux dibuat khusus untuk pembuatan konten digital, termasuk audio, video, grafik dan alat-alat penerbitan.
  • Adamantix 
Proyek Adamantix bertujuan untuk menciptakan sebuah platform Linux yang sangat aman tetapi dapat digunakan. Untuk mencapai hal ini, proyek ini akan menggunakan solusi keamanan saat ini tersedia untuk Linux (seperti patch kernel, patch compiler, program keamanan terkait dan teknik) dan merajut ini bersama-sama ke platform Linux yang sangat aman.
  • APLINUX
APLINUX adalah distribusi berbasis Debian GNU / Linux terfokus pada web server, DNS server dan mail server. Tujuan utamanya adalah untuk mengotomatiskan instalasi dan konfigurasi sistem, dengan tujuan untuk mencapai maksimal dalam kepercayaan pengguna, stabilitas dan keamanan. 
  • Collax 
Collax (sebelumnya Benhur) adalah alat server berbasis Debian. Ini menyediakan firewall, e-mail server dengan perlindungan virus, fax server, VPN gateway, SMS server, web proxy dan akses jarak jauh (RADIUS) fungsi.
  • Corel Linux 
Corel mengembangkan distribusi berdasarkan Debian yang dibundel dengan WordPerfect dan perangkat lunak Corel lainnya. Corel memilih Debian karena "... ia menawarkan kecocokan dengan basis pelanggan yang sudah ada dan misi perusahaan Linux. Debian memiliki piagam yang solid, basis pengembang yang kuat di seluruh dunia dan periode pengujian menyeluruh" seperti yang dijelaskan dalam FAQ nya (tidak lagi tersedia) . Hal ini dirilis pada bulan November 1999, setelah beta publik beberapa. Ini membuka beberapa diskusi karena fakta bahwa Corel telah dipilih KDE untuk GUI, dan KDE masalah lisensi yang belum diselesaikan dalam Debian. Tiga edisi yang berbeda diterbitkan dari tahun 1999 sampai akhir tahun 2000. Namun, pada tahun 2001 mengumumkan niatnya untuk spin off distribusi Linux.

Corel Linux yang tersedia dari http://linux.corel.com/. Pengguna yang ingin meng-upgrade ke rilis Debian yang lebih baru dapat digunakan, sebagai pedoman, Corel ke Debian mikro-howto diterbitkan dalam milis dukungan Debian.

Namun, setelah itu lisensi untuk sebuah perusahaan baru yang disebut Xandros Perusahaan http://www.xandros.net/ , sebuah perusahaan yang mencakup beberapa pengembang dan arsitek dari Linux Corel asli. Baca lebih lanjut tentang Xandros.
 
  • Damn Small Linux

Damn Small Linux adalah live CD 50m berdasarkan Knoppix yang dianjurkan untuk penggunaan desktop pada perangkat keras yang rendah.
  • Demo Linux
Merupakan distro GNU/Linux yang dapat dijalankan tanpa instalasi ataupun partisi hardisk (http://www.demolinux.org).
  • Debian JP
Debian JP adalah upaya dari relawan-driven yang dimaksudkan untuk memberikan distribusi berbasis Debian berorientasi Jepang end-user. Perbaikan ini meliputi internasionalisasi distribusi Debian, dengan semua perubahan yang nantinya berkontribusi pada proyek utama. Proyek ini mulai mendistribusikan satu set paket untuk distribusi Hamm dan sekarang menyediakan CD berdasarkan rilis resmi.
  • Doudou Linux
DoudouLinux dirancang khusus untuk anak-anak, yaiut untuk memanfaatkan komputer sebagai sarana yang mudah dan menyenangkan bagi mereka. DoudouLinux menyediakan puluhan aplikasi yang sesuai dengan anak berumur 2 sampai 12 tahun dan memberi mereka lingkungan yang mudah digunakan sebagai konsol game. Anak-anak dapat belajar, menemukan dan bersenang-senang tanpa pantauan dari ayah dan ibu!

DoudouLinux tersedia dari http://www.doudoulinux.org/.
  • ESware Linux  
ESware Linux 365 adalah distribusi komersial Spanyol yang muncul pada tahun 2001 (versi sebelumnya dimana berasal dari GNU / Linux, bukan Debian) itu termasuk 7 CD (termasuk StarOffice dan beberapa non-bebas lainnya alat) dan 1 CD sumber serta empat Spanyol manual. Instalasi (itu instalasi grafis, instalasi hanya teks dan web-based jarak jauh satu) adalah dalam deteksi hardware Spanyol dan disediakan otomatis.
 
  • Gibraltar
Merupakan distro yang khusus diperuntukkan untuk firewall/router (http://www.gibraltar.vianova.at/).

  • GRML
GRML adalah CD bootable (Live-CD) awalnya didasarkan pada Knoppix dan saat ini didasarkan pada Debian. GRML termasuk koleksi GNU / Linux software terutama untuk administrator sistem dan pengguna texttools. GRML menyediakan deteksi hardware otomatis. Anda dapat menggunakan GRML (misalnya) sebagai sistem penyelamatan, untuk menganalisis sistem / jaringan atau sebagai lingkungan kerja. Hal ini tidak perlu menginstal apapun untuk harddisk, Anda bahkan tidak perlu harddisk untuk menjalankannya. Karena on-the-fly GRML dekompresi meliputi sekitar 2.1GB perangkat lunak dan dokumentasi di CD. Anda tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan GRML karena perangkat lunak bebas! 
  • Impi Linux

Impi Linux adalah  distribusi Linux berdasarkan Debian (dan Knoppix). Itu dibuat dari perangkat lunak terbaik yang tersedia di dunia open source, untuk memberikan pengguna Afrika Selatan yang stabil, bebas virus dan sangat biaya sistem bisnis operasi yang efektif. Ini berfokus pada penyediaan sistem desktop kantor. Tersedia di http://www.impi.org.za/ Informasi lebih lanju
 
  • Knoppix
Distro ini salah distro yang banyak digunakan oleh pengguna GNU/Linux karena kemudahan dalam pemakainnya serta tidak perlu melakukan instalasi. Selain itu, dengan distro ini anda dapat meng-hardisk-kan knoppix. Dukungan hardware juga sangat lengkap sehingga distro ini sangat bagus untuk digunakan
(http://www.knopper.net/knoppix/index-en.html).

  • Libranet
Distro ini memaketkan paketnya dengan kemudahan yang diberikan dalam hal instalasi (http://www.libranet.com).

  •  Linex
Distro Linex dikembangkan oleh “the regional goverment of Extramadura (Spain)” dengan tujuan untuk memigrasikan seluruh operation system. Distro ini khusus ditujukan untuk keperluan perkantoran, dan bisnis.

  •  Stromix
Para pengembang distro Stromix mengklaim distro buatannya sebagai distribusi GNU/Linux yang sangat stabil dan aman (http://www.stromix.com).

  • Linex

Linex adalah distribusi berbasis Debian sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah Extremadura (Spanyol). Tujuan utama adalah untuk bermigrasi semua sistem komputer, dari kantor pemerintah, untuk bisnis untuk sekolah ke Linux. Baca siaran pers resmi (juga tersedia dalam bahasa Inggris).Linex telah menarik banyak perhatian bukan hanya dari non-Spanyol seperti surat kabar Washington Post, tapi bahkan dari Parlemen Eropa, di mana itu disajikan dalam beberapa kesempatan, yang terbaru dalam pertemuan tahunan Komite Daerah Eropa (berita diposting di Februari 2003 di sini atau di sini, di Spanyol hanya).Informasi lebih lanjut tentang Linex tersedia di http://www.linex.org (Spanyol hanya). Hal ini juga dapat didownload dari http://www.linex.org/sources/linex/debian/pool/ atau menggunakan apt menambahkan berikut ke sources.list Anda:deb http://www.linex.org/sources/linex/debian woody linex GNOME2Info lebih lanjut ...


  • Linuxin

Linuxin adalah distribusi berbasis Debian GNU / Linux 3.0 (woody) dan berorientasi terhadap Spanyol end-user (desktop) dengan instalasi disederhanakan yang mencakup autodetection hardware dan pilihan paket kecil diarahkan pengguna dengan sedikit pengalaman. Semua perubahan yang didistribusikan di bawah GPL dan beberapa perbaikan mungkin akan bergabung dengan proyek Debian utama.Gambar CD menyediakan juga filesystem hidup sehingga dapat digunakan sebagai CD demonstrasi (seperti Demolinux). Beberapa program mungkin tidak bekerja, namun karena keterbatasan RAMdisk.Gambar CD dapat didownload dari situs utama (konten semua dalam bahasa Spanyol) di http://linuxin.paislinux.net/ atau http://jucar.aig.uc3m.es/linuxin/ (bandwidth mungkin lebih tinggi). 

  • Morphix

Morphix dirancang sebagai kerangka kerja modular untuk dengan mudah membuat dan menyesuaikan itu livecd, dengan berbagai modul untuk tujuan yang berbeda. Berdasarkan pada Debian dan KNOPPIX, menekankan kemudahan penggunaan, kemudahan-of-install dan, berkat Debian dan apt, kemudahan-of-update. Dalam, itu adalah hibrida: kegunaan dari livecd biasa, dan cara yang dapat diandalkan untuk mendapatkan instalasi Debian pada harddisk Anda. Ini memang mengandung beberapa driver tidak bebas (nvidia driver), yang dapat dipilih di boottime, tetapi ini dapat dinonaktifkan untuk kepatuhan Debian penuh.Selain installer custom-made opensource, orang di belakang Morphix aktif pada penciptaan sejumlah alat tambahan dan aplikasi untuk meningkatkan kegunaan Morphix bagi pengguna baru. Alat ini juga berlisensi di bawah GPL.



  • RAYS LX

RAYS LX adalah distribusi desktop berbasis Debian sarge dan sid dan ditujukan untuk pasar Cina daratan. RAYS LX menampilkan installer GUI (berdasarkan baru debian-installer), alat konfigurasi GUI, pilihan sederhana dari best-of-breed aplikasi desktop, dan metode input populer Cina, semuanya dirancang untuk meningkatkan pengalaman desktop. Distribusi kini telah mengadopsi model pengembangan terbuka, yang melakukan pembangunan di situs komunitas OpenRAYS.StonegateStonegate adalah firewall ketersediaan tinggi dengan virtual private network, dan kemampuan load balancing. Kemampuan ini merupakan sumber tertutup (proprietary) tetapi sistem operasi dasar (bahkan jika itu tidak dipublikasikan secara luas) adalah Debian GNU / Linux.


  • Strom Linux
Storm adalah distribusi berbasis Debian GNU / Linux yang muncul pada tahun 1999 (alpha pertama dirilis pada bulan Juli). Namun, produsen, Stormix Technologies, mengajukan kebangkrutan pada tahun 2001 (beberapa informasi lebih lanjut tentang hal ini pada Newsforge). Badai Linux menerima beberapa ulasan yang baik tetapi distribusi tidak lagi tersedia.Storm adalah tersedia di Stormix Technologies Badai http://www.stormix.com/ website Linux, (tidak lagi tersedia)


  • Ubuntu

Ubuntu adalah distribusi Linux yang dimulai dengan luasnya Debian dan menambahkan rilis reguler (setiap enam bulan), fokus yang jelas pada pengguna dan kegunaan (seharusnya "Hanya Bekerja", TM) dan komitmen untuk update keamanan dengan 18 bulan dukungan untuk setiap rilis. Ubuntu kapal dengan rilis GNOME dan KDE terbaru serta pilihan server dan perangkat lunak desktop yang membuat untuk pengalaman desktop yang nyaman dari sebuah CD instalasi tunggal.Ubuntu disponsori oleh Canonical LtdInfo lebih lanjut ...

  • Univention Corporate Server

UCS adalah standar dan mudah dioperasikan Linux-Solusi yang mencakup sistem manajemen yang luas selain sistem operasi aktual yang didasarkan pada Debian. Dengan ini identitas dan infrastruktur-sistem manajemen-UCS menyediakan, selain layanan standar, setiap fungsi penting untuk mengelola lebih kecil dan lebih besar IT-lingkungan. Ini cocok dengan sistem yang ada dan dapat diperpanjang dengan sejumlah besar aplikasi bersertifikat (groupware, backup, fax, jaringan pemantauan, virtualisasi dll) oleh produsen yang berbeda.Jika Anda suka, Anda bisa mendapatkan versi uji di homepage kami.Info lebih lanjut ... 

  • Xandros

Xandros Desktop merupakan distribusi berbasis Debian untuk pasar desktop, yang muncul setelah Corel Linux.


Rilis DebianGNU/Linux


Nama rilis Debian GNU/Linux diambil dari “toy story movies” seperti Bo, Hamm, slink, Potato, Woody, Sid, Sarge. Sedangkan untuk status kestabilan paketnya terbagi atas versi stable, frozen, testing, unstable. 

Rilis unstable diperuntukkan bagi paket-paket baru dan update-an paket lama. Sedangkan penggunaan paket terbaru dan tidak mengandung resiko dapat menggunakan rilis paket testing. 

Waktu pengujian dari rilis unstable hingga mencapai testing dibutuhkan waktu sekitar beberapa minggu. Rilis paket frozen merupakan tahapan dimana paketpaket software yang telah melewati rilis testing akan digabungkan ke dalam distro Debian GNU/Linux untuk diuji kinerja paket softwarenya dan memastikan tidak adanya bug pada paket software tersebut.
Tahapan selanjutnya adalah rilis paket stable dimana waktu pengujian rilis ini membutuhkan waktu sekitar 8 bulan atau lebih. Berikut ini rilis distro Debian GNU/Linux.

Ditulis Oleh : Basir // 10:36:00 pm
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.