Tuesday 13 November 2012

Mengenal Linux

Apakah Linux itu ?



Linux adalah sebuah sistem operasi open source dan bebas (free) di bawah lisensi GNU (GNU is Not Unix) GPL (General Public License).
Arti Open Source adalah kode sumber (source code) diikutsertakan dalam program Linux sehinnga dapat dilihat oleh siapa saja.
Arti kata bebas atau free mengacu pada kebebasan bukan pada bebas biaya. Linux bebas untuk diduplikasikan, dimodifikasi, dan disebarluaskan baik untuk tujuan tak komersial maupun komersial, dan ini sah dibawah lisensi GNU GPL. Untuk mendapatkan linux tentu saja harus keluar biaya, namun biaya tersebut bukan untuk membayar lisensi penggunaan linux, melainkan untuk biaya duplikasi, pengiriman, service, atau kombinasi ketiganya.




Sejarah Linux
Linux lahir pada tahun 1991. Pada waktu itu, Linus Torvalds seorang mahasiswa dari Suoen Tasavalta Finlandia memulai sebuah proyek pembuatan sistem operasi yang stabil dan bisa dijalankan pada mesin Intel x86. Pada awalnya Linus Torvald menggunakan salah satu sistem operasi berbasis Unix yaitu Minix. Namun kemudian dia merasa bahwa sistem operasi tersebut memiliki banyak kelemahan. Pada bulan Oktober 1991 Linus Torvald mempublikasikan sistem operasinya yang diberi nama Linux (Linus‘ Unix) di newsgroups comp.os.minix. Linux disambut dengan antusias sekali oleh orang-orang yang mengikuti newsgroups tersebut. Mereka dari yang sudah ahli hingga pelajar ikut memberikan ide dan perbaikan terhadap linux. Dari sinilah cikal bakal linux menjadi sebuah sistem operasi yang berkembang pesat sampai sekarang ini. Perkembangan ini dapat dilihat dari banyaknya distribusi yang mengambil linux sebagai basis sistem operasinya.

Download dokumen selengkapnya !

Ditulis Oleh : Basir // 9:59:00 pm
Kategori:

1 comments:

  1. Terima kasih bro .. mari kita meramaikan bersama-sama di http://linuxerindonesia.org - forum : http://indonesianbacktrack.or.id/forum semangat linuxer go go linuxer indonesia

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.